Tuesday, October 05, 2010

Vegan Food in Indonesia...

 Indomie mengeluarkan edisi SUP Sayuran dan ada embel2 "VEGAN".. awesome.. sempat kaget juga melihat info yang dikirm dari teman, setelah di check ternyata memang ada.. Sebuah langkah besar pengakuan komunitas vegan di segala level di Indonesia...

 Selang berapa lama saya jalan2 di salah satu pertokoan saya melihat ada edisi mie gorengnya! makin cinta aja neh.. sebenarnya di Indonesia sudah lama ada mie instan vegetarian..

 Untuk lebih jauh mengenai mie instan vegetarian yang beredar di Jakarta bisa disimak di vegetarian-guide.com . Tapi untuk mie maitri dan mie tiptop agak susah di cari di pasaran, dengan adanya Indomie Vegan mungkin para vegetarian/vegan yang mau begadang nonton bola or ronda gag susah nyari or masak makanan vegan dahulu... (pengalaman pribadi)...

 Beberapa minggu yang lalu, tanggal 25 September tepatnya saya ada job di Sumatera Utara, Medan, contohnya, saya tanya ke room service dimana resto vegie terdekat, dan mereka memberikan hasil googling kepada saya. Setelah muter2 akhirnya saya menemukan Vegetarian Chinese Food di Jalan Sumatera, namanya sumatera vegetarian.

 Saya memilih sate, sup jamur, brokoli cah jamur dan ikan saos pedas (semuanya dari gluten tentunya) sebagai menu makan siang saya dan saya memilih susu kedelai sebagai minuman saya siang itu. Rasanya ok dengan harga 46000 IDR. Coba bandingkan dengan vegie resto di Jakarta.. Saya sangat menikmati makanan siang itu karena saya juga sangat terinspirasi dengan vegan backpacker. So sangat tidak beralasan kalau menganggap menjadi vegan itu mahal dan susah.

 Pagi hari saya menuju ruang makan hotel JW Marriott dan berharap semoga free breakfast pagi ini vegan friendly. Seorang koki yang rupanya memperhatikan saya celingak celinguk dari tadi mencoba menghampiri saya dan bertanya menu apa yang saya cari pagi itu. Saya bilang kalau saya vegan.. so dia memberi sugest untuk memilih lontong sayur plush tauco n its absolutely vegan. Lontongnya empuk karena rupanya lontongnya itu lontong briyani.. begitu pula sayuran dan kuahnya tanpa kaldu.. itss yummyyyy. plush buah2an dan susu kedelai dan ditutup dengan buah2an kering disiriam susu kedelai.. moment yang tak terlupakan! love it.

weekend kemarin 2-3 October saya jalan-jalan dengan keluarga ke Bogor untuk membeli manisan buah dan wisata kuliner. Karena keluarga semua adalah meat eater so saya dibawa ke vegie resto :

Restauran vegetarian karunia baru. 
Jl. Raya pajajaran no. 50 - Bogor. 
Tlp. 0251-8338666 / 7156106.

Begitu memasuki resto tersebut di pojok kiri resto ada seperti outlet kecil, saya masuk dan melihat, ternyata banyak sekali vegie food, mulai dai kerupuk, mie instan, sambal, penyedap rasa dan daging asap (gluten) wooww its awesome. karena begitu lengkap. resto ini recommend baget dey buat kalian2 yang vegie.

Terlepas dari semua diatas, kita juga sekali kali perlu untuk bikin sendiri dan makan dari buatan kita sendiri. Resep kali ini adalah salad buah tropis:

RESEP SALAD BUAH TROPIS
6 porsi
Total karbohidrat = 90 gram
Total kalori = 390
Bahan-bahan:
1 buah pisang, dikupas dan diiris
1 buah jeruk, dikupas dan diambil bijinya
1 buah jeruk bali, dikupas dan diambil bijinya
225 gram jus nanas segar alami (bukan jus nanas produksi pabrik)
60 gram buah kurma, dipotong kasar
1 buah kiwi, dikupas dan dipotong tebal
1 buah jeruk nipis, diperas
100 ml irisan tipis jahe atau air jahe
  • Tempatkan buah-buahan dalam mangkok, tambahkan perasan jeruk nipis dan aduk merata.
  • Tuangkan jahe di atasnya dan langsung dihidangkan.
Source: www.vegsoc.org/cordonvert/recipes/diabetic.html

 Selamat menikmati... Love being Vegan!

2 comments:

vegetarian irfan said...

terima kasih peter atas infonya tentang mie vegetariannya. Indomie memang ok. Wah enak-enak juga ya peter dinasnya ke medan, jadi pengin mampir ke restorant vegetarian di meda. Dan terima kasih untuk informasi untuk restoran vegetarian di bogor, saya usahakan mampir kalau ke sana. Dan izin copy salah satu fotonya untuk posting diblog saya.

Peter said...

ok fan... senang liat irfan masih vegie.. TOP!